RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Bisnis Online Dalam 45 Menit
image

.

jual
image

.

partner pemasaran
image

bonus 50ribu rupiah join hari ini...

CV. Pitoe Karya
image

construction – general supplier

blog sikukuh
image

.

Wishako Various Shop Cilegon
image

.

perpustakaan link download pertama
K U K U H
image

KUKUH


kita tidak boleh berhenti, sementara yang laen tetap berlari
ARSIP

JANGAN BERCERAI !!!
image

.

booming di amerika dan eropa
image

the quickest watchs to use...

statistik

HARGA WEBSITE INI
SLINK

AMANKAH LISTRIK DITEMPAT KITA ???

image

Bahaya kebakaran yang ditimbulkan listrik mungkin sering kita dengar lewat pemberitaan media, tapi apakah penyebab sesungguhnya adalah listrik ??? bisa ya bisa tidak 100% karena listrik seperti halnya sumber energi yang banyak dipakai semua orang dapat menjadi anugrah tapi juga bisa menjadi musibah tergantung cara pemasangan dan pemakaiannya.

Begitu banyaknya masyarakat menganggap penggunaan energi listrik sekenanya dan seenaknya dengan mengabaikan keselamatan lingkungan sekitar. Bahaya dari listrik yang sebenarnya adalah penggunaan yang tidak sesuai kapasitas dan menggunakan bahan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan ukuran yang seharusnya. Pernah mendengar atau melihat ada korban tersengat listrik karena jemuran ???  itu hanya contoh penggunaan instalasi listrik yang mengabaikan kselamatan sekitar, atau pernah mendengar atau melihat sebuah kebakaran rumah atau toko karena pengguna lupa mematikan alat2 listrik yang dipakainya ???

 

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum memasang instalasi listrik adalah menentukan titik2 yang akan dipasangi instalasi listri akan berfungsi sebagai apa ??? usahakan memisahkan titik lampu dengan stopkontak, amankan tiap ruangan atau lantai dengan sebuah pengaman atau fuse/breaker. Berusaha seminimal mungkin memasang titik2 lampu dan stopkontak sesuai fungsi dan kegunaan agar bila terjadi sesuatu hal kita dapat dengan mudah memperbaikinya.

Langkah kedua adalah menggunakan bahan sesuai ukuran yang aman, jangan memasang dari bahan yang tidak baik dan ukuran lebih kecil dari standar yang diijinkan kecuali darurat dan bukan permanent, biaya mungkin akan jadi alasan tapi bandingkan resiko yang akan kita tanggung bila terjadi hal2 yang buruk seperti kebakaran atau ada yang terkena sengatan listrik.

Langkah ketiga adalah sesuaikan instalasi listrik anda dengan beban listrik yang anda punyai, jangan terlalu banyak beban sementara daya listrik anda tidak mencukupi. Anda bisa berhitung sendiri misalkan pompa air berapa watt, tv berapa watt, kipas angina dan lain2. Semisal anda terpaksa harus menggunakan semuanya tapi daya listrik anda tidak mencukupi anda bisa mensiasati dengan menggunakan beban alat listrik secara tidak bersamaan.

Langkah keempat adalah sebaiknya hubungi orang yang ahli atau teknisi listrik disekitar anda dan diskusikan keinginan anda, jika sekiranya jawabannya belum mengapresiasikan keinginan anda sebaiknya konsultasi Biro Teknik Listrik terdekat…

 

Dan hal yang paling diingat adalah selalu kenali gejala2 bahwa instalasi listrik anda bermasalah:

  1. gejala overload atau kelebihan beban, dengan tanda fuse/breaker ditempat anda sering off otomatis walau ini bisa memicu kebakaran tapi gejala ini tidak serta merta langsung membuat kebakaran karena overload terjadi bertahap sehingga kita dapat mengindikasi apakah terjadi kerusakan pada instalasi atau pada alat2 yang kita pakai sebelum hal buruk akan terjadi, jika anda tidak menguasai penelusuran gejala overload lakukan pengurangan beban satu persatu hingga tidak terjadi overload lagi, jika menemukan alat yang sudah rusak segera diperbaiki atau diganti baru.
  2. gejala konsleting listrik, untuk tingkat rendah dapat memutuskan fuse/breaker dengan frekuensi lebih sering walaupun anda tidak menghidupkan alat apapun, konsleting bisa terjadi di alat2 yang kita pakai atau pada instalasinya. Kejadian konsleting memungkinkan terjadinya kebakaran karena arus sesaat yang terjadi pada saat konsleting bisa ribuan kali dari arus normal, bahan dan pemasangan sangat berpengaruh terjadinya konsleting, maka jangan bermain resiko dengan pertimbangan biaya. Memasang instalasi dan asesorisnya sebaiknya menggunakan sesuai ukuran dan standar yang baik.

Adapun selalu hindari dari bujuk rayu oknum yang bisa menjanjikan dapat menaikkan daya terpasang ditempat anda atau dapat mencurikan listrik tanpa diketahui orang lain, bahkan petugas PLN sekalipun. Semua hal itu tidak membuat kita kaya raya dan nyaman   tapi anda telah bersiap menerima akibat baik secara hukum bila diketahui oleh petugas atau semua hal yang anda harapkan meleset dan anda tidak dapat mengatasinya…kira2 anda memilih mana ???

Jadi selalu gunakan listrik sesuai yang diperlukan, matikan selebihnya………..!!!

 

Fri, 9 Jul 2010 @13:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+8+9

Copyright © 2018 sikukuh.com · All Rights Reserved